Saturday, 18 July 2009

Wajah lucu itu

"Iih..ustad suka ngupil yaah?" salah seorang bocah SD kelas 6 tertawa sambil membawa sebuah buku bersampul kuning dan bargambar dua ekor Gorila yang dilaingkari pisang cinta.

Oke, buku itu adalah Gorilove dan yang dia panggil Ustad adalah saya.

Pagi itu saya bersama mas Veru (ketua FLP Surabaya) dan Mbak Sinta Yudisia (ketua FLP Jatim) berada di SD USWAH untuk ngisi stan NOVELIS, salah satu ekstrakulikuler yang akan di adakan oleh SD tersebut. Tentu saja enggak cuma NOVELIS, banyak ekskul lainnya seperti Badminton, Teater, Tapak Suci, Basket, dan Futsal yang semuanya sudah mejeng setia di pos masing-masing. Jadi pagi itu diadakan acara semacam Ekskul Ekspo, atau kalau di kampus namanya UKM ekspo, dan di kampung saya lebih populer dengan sebutan.."yaak..dipilih..dipiliiih..sayang anak sayang anaaak.."

Satu hal yang membuat saya penasaran adalah seberapa antusias anak-anak tersebut dengan ekskul Novelis ini. Kalau dipikir-pikir ekskul Basket, Futsal, badminton pasti bakal meraup massa yang banyak. Tapi eksul Novelis? ini hal yang baru buat saya. Saya penasaran.

Setelah seorang ustad selesai memberikan pengarahan(oh ya, semua guru di sini dipanggil ustad dan ustadzah), para bocah langsung menyerbu stan eksul idaman. Tak disangka tak diduga tak dinyana, ternyata peminat ekskul NOVELIS cukup banyak. Bocah-bocah lucu itu langsung menyerbu meja kami dan mulai mengobrak-abrik hamparan buku yang sudah kami tata rapi di atas meja. Mereka semua antusias. Pada titik itu mas Veru mulai berpromosi.

Mas Veru : Nanti kalo kalian ikut ekskul Novelis, kalian bisa bikin buku..kaya ini.
Bocah Laki-laki gendut (BLG) : Novelis itu ngapain sih Ustad?
Mas Veru : nanti kamu bisa nulis cerita, trus bikin buku.
BLG : Oooh. Itu tok?
Mas Veru : .....
BLG : (Ngacir ke Ekskul tapak Suci)

Mbak Sinta juga enggak mau kalah untuk promosi.

Mbak Sinta : Nanti kalian bisa nulis apa saja. Kalian bisa juga nulis surat untuk presiden SBY.
Anak-anak : (memandang mbak sinta dengan mata berbinar-binar)
Saya : *wah,kampanye nih mbak Sinta..hehe

Di sisi lain, ada dua bocah yang ribut sendiri.

Bocah 1 : eh, kamu dulu yang nulis nama.
Bocah 2 : kamu dulu aja. hihihi..
Bocah 1 : Kamu dulu. tadi kan janjinya kamu..
Bocah 2 : enggak mau. Kamu dulu aja.
Bocah 1 : ya udah aku dulu.
Bocah 2 : *senyum-senyum
Bocah 1 : eh, kamu dulu aja ding..
Saya : *garuk-garuk lantai

Beberapa detik kemudian hadir beberapa anak kelas 6 dan mereka terlihat tertarik pada satu buku.

Bocah lucu berjilbab (BLB) : Go..ri..love. *membaca judul buku itu pelan-pelan
Mas Veru : tau enggak itu yang nulis siapa?
BLB : enggak tau.
Mas Veru : Ustad Abi yang nuliiis. *nunjuk saya.
Saya : *Nyengir kuda.
Mas Veru : Coba lihat tuh fotonya. Sama kaaan?
BLB : hehehe..iyah. Tak baca boleh ya Ustad? *memandang saya
Saya : Boleeeeh. *gila, saya dipanggil ustad
BLB : Asiiiik...

5 menit kemudian itu rombongan bocah dateng lagi, dengan senyum yang hmm...mencurigakan.
BLB : Usatad-ustad, boleh nanya enggak?
saya : boleeeh...
BLB : Usatad suka ngupil yaaaah? ahahaha...
saya : *sial diejekin anak SD..
BLB : tanya lagi ustad. Hihihihi...*benar-benar senyum yang mencurigakan
saya : Bo..Boleeeeh..
BLB : Icha itu sapa ustad? (Icha adalah tokoh utama wanita di Gorilove, yg belum baca buruan baca!!! ^^)
saya :*bengong sejenak dan menjawab* temen..
BLB : Bohoooong..ahahaha.
Saya :*cari karung beras buat nutupin kepala.

Total ada 30 anak yang berminat untuk masuk ekskul Novelis dimana 98 persennya adalah perempuan. Hey, pada kemana sih para cowok? menghadapi realita ini mbak Sinta nyeletuk, "Ini bener-bener FLP, Forum Lingkar Perempuan." dan saya ngakak.

Bel berbunyi menghentikan aktiftas mereka dan satu persatu mulai masuk ke kelas masing-masing. Namun ada satu bocah chubby yang masih keukeuh nekat baca satu buku di meja. Saya cukup terpesona, sinar matanya bener-bener menikmati apa yang ia baca. Entahlah apa sewaktu kecil saya terlihat seperti itu apa tidak, tapi pemandangan itu benar-benar manis.


(baca nyoook....)


(si Bocah masih menikmati bacaanya)


(ustad, kalo mau motret saya bilang-bilang dong kan saya bisa pasang gaya dulu)

Mas Veru : Suka baca ya?
Bocah Chubby : Iyah..
Mas Veru : daftar ekskul Novelis aja..
Bocah Chubby : daftarnya dimana?
Mas Veru : Nanti formulirnya dibagikan kok..
Bocah Chubby : Ooh..*kemudian berjalan lucu masuk ke kelas.

Mungkin sekilas hari itu tampak biasa, namun bagi saya sungguh luar biasa. Dapat melihat mereka tersenyum, antusias, tertawa, dan gembira membuat saya bangga menjadi penulis. Sungguh luat biasa.

Oh iya,Gorilove saya masih dibawa ama anak2 tadi!! ah, ya udahlah. Buat mereka aja..^_^


writing to make people smile
_abie With Love_