Monday, 22 February 2010

The Brothers 'Elu elu elu lagi...kamu kamu kamu lagi..'

"Hai Fer!"
"Bukan...hiks" *nangis2

Ini adalah percakapan yang sering sekali terjadi dalam hidup saya akhir-akhir ini. Konon kabarnya saya memiliki sodara kembar yang terpisah ruang dan waktu. Lebih tepatnya sejumlah besar teman-teman PPS meng-klaim seseorang pria bernama Ferry Irawan adalah sodara kembar Dimas Abi. Dan itu berlaku sebaliknya.

(ferry Irawan) kalo ini mah ngarep..

Sebagian besar berpendapat kalau Ferry dan Saya identik. Padahal kami berdua lebih merasa mirip Brad Pitt (Asoy!). Realita inilah yang membuat nama kami sering ketuker-tuker. Kerap sekali terdengar percakapan seperti ini:

Setting: di lift.

Saya : "Lantai berapa?"
Gadis :"Lantai empat."
Saya : "Oke.." *saya pencet tombol nomor 4 pake jempol. Bukan, bukan jempol kaki.
"......."
*Pintu lift terbuka*
Si gadis tersenyum seraya berkata. "Duluan ya, Fer.."
Saya : "......" *garuk-garuk lantai.

******************************

Setting: Ruang makan

Saya : Kok dikit benget makannya?"
Gadis II : Iya, lagi diet...
Saya : Oooh...
Gadis II : Lu juga dikit makannya, Fer.
Abi : ....... *gigit jempol sendiri.

******************************

Setting : Lift 'lagi'

Mamo : Lu ngapain disitu?
Gadis 3 : Biarin, dipojok kan enak. Ya enggak, Fer?"
Saya : ....... *Jedotin kepala ke pundak orang lain

*********************************

Setting: Ruang makan. 'lagi'

Novi : Iiih..Peri ama Abi teh jangan suka deket-deket. Suka susah ngebedaiinnyah... *nyengir biawak.
Ferry : Pindah GUA! *gondok trus ngacir.
Saya : ...... *Makan lontong kikil (uda biasa digituin)

Oke, sodara-sodara lewat tulisan saya kali ini akan saya perjelas yang mana Ferry, dan yang mana Abie. Agar untuk kedepannya tidak terjadi kesalahpahaman yang berdampak sistemik. (Asoy!)

Inilah dia Ferry :



Ups, maaf...kalo yang ini Alex Sitohang, adek kandung Choky Sitohang tapi beda ibu ama bapak (nah loh??)

Ah, mending ente liat sendiri deh derajat kemiripannya :



CATET YE, mana Ferry mana ABI...

Tapi emang mirip ya? ahahahaha.....

_The Brothers_
Abie With Love




Saturday, 13 February 2010

SUMPAH PEMUDA

Bahasa daerah di indonesia menarik sekali untuk ditelaah. Setidaknya oleh saya. (beberapa yang lain lebih suka menelaah alasan logis dibalik pewarnaan jambul azis gagap yang kalo dilihat dari jauh kaya lakban ditempel di kepala). Nah, maestro rhoma irama dalam lagunya 'pengorbanan' menggambarkan bahwa negara kita sangatlah kaya akan bahasa. Ada sunda; ada jawa,aceh, padang, batak! Dan banyak lagi yg lainnya...Heey. Hmm..wait..itu judul lagunya 'pengorbanan'? lupakan. Ternyata banyak istilah daerah yang pemakaiannya dapat menimbulkan salah pengertian. Saya ambil contoh: cengek. Nah, istilah ini berasal dari bahasa sunda yang artinya CABE RAWIT. Bayangkan jika anda sedang berjalan di rumah sakit sembari makan tahu isi. Tentunya makan tahu sangat nikmat jika ditambah cabe rawit. Ditengah jalan anda bertemu dg suster dan bertanya, 'misi..saya butuh cengek 3 ons. dimana saya bisa mendapatkanya?' Niscaya sang suster akan mengantarkan anda ke dokter THT dan anda akan diberi lima ons...ehem. Cabe dalam bahasa jawa adalah LOMBOK. Bayangkan Jika anda melakukan perjalanan melewati kota mojokerto dan bertanya: 'mas, lombok ke arah mana ya?' Niscaya jika anda mengikuti petunjuknya, anda akan berujung pada kebun cabe. Itu masih untung, paling sial anda akan sampai di pasar tradisional dimana banyak sekali preman bertato naga..hiiy eike atuut. ehem. APA hikmah dari semua ini? yah.benar. fungsi bahasa indonesia sebagai pemersatu sangat terasa disini. Dengan menggunakan b.indonesia, salah pengertian tidak mungkin terjadi. Melalui tulisan ini saya hanya ingin mengucapkan: SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA! ___ mas-mas, ini bukan hari sumpah pemuda, ini IMLEK!___ OH, YA??